Selasa, November 11, 2008

7 Keajaiban Baru

Tahun 2007, sarat dengan penemuan-penemuan baru dan kejadian luar biasa. Bolehtau membuat daftar tujuh kejadian penting dalam ilmu pengetahuan sepanjang tahun ini. Merangkumnya dalam 7 Peristiwa Paling Top Dalam Sains Tahun ini.

1. UNFCCC

wrm.org

Peristiwa paling besar tahun 2007 versi Bolehtau adalah United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) alias Konferensi Perubahan Iklim. Bolehtau menganggap peristiwa ini sebagai yang terbesar karena pertemuan ini menyangkut hajat hidup seluruh manusia. Konferensi perubahan iklim ini dilaksanakan di Nusa Dua Bali pada 3-14 Desember 2007. Dihadiri sekitar 10.000 orang yang terdiri dari delegasi resmi PBB dari 189 negara, media massa, LSM, masyarakat, dan lainnya. Konferensi ini dilakukan karena kekhawatiran akan dampak serius dari pemanasan global. Saat ini, es di kutub mulai mencair akibat meningkatnya suhu bumi. Revolusi industri, dan penggunaan energi fosil secara besar-besaran menyebabkan terciptanya lapisan karbon di atmosfer yang memerangkap panas di permukaan bumi. Bila pengurangan emisi karbon ini tak dilakukan, diperkirakan, dalam seratus tahun ke depan, permukaan air laut akan naik, dan menenggelamkan lebih dari 2000 pulau.

2. 7 Keajaiban Dunia Baru

dearkitty.blogsomeBernard Weber, lewat organisasinya New Open World Corporation menghebohkan dunia lewat hajatan besarnya. Organisasi ini mencari tujuh keajaiban dunia baru. Dikarenakan tujuh keajaiban dunia lama hanya tersisa satu, yakni Piramida Mesir. Uniknya tujuh keajaiban dunia baru itu dipilih berdasarkan polling. Weber mengklaim lebih 100 juta orang dari seluruh dunia memberikan suaranya. Pengumuman pemenang dilakukan 7 Juli 2007. Berdasarkan hasil poling, tujuh keajaiban dunia baru adalah Patung Kristus Sang Penebus di Rio De Janeiro, Tembok Besar Cina, Colosseum Roma, Kota Tua Petra, Machu Picchu Peru, Chichen Itza, Mexico, dan Taj Mahal, India.Sampai sekarang pemilihan ini masih jadi kontroversi. UNESCO, badan PBB yang bergiat dibidang warisan budaya dunia bahkan menyatakan tidak memiliki sangkut paut dengan acara ini. Menurut mereka seluruh hasil kebudayaan manusia adalah keajaiban.Termasuk Candi Borobudur yang tidak termasuk dalam daftar.

3. Perang Galaksi

galaksi-ngc-4414.jpgTahun ini terjadi dua peristiwa penting dalam dunia astronomi. Yang pertama, tabrakan empat galaksi besar di cluster CL0958+4702 pada awal Agustus. Dan yang kedua terjadi pertengahan Desember lalu. Untuk pertama kalinya para astronom menyaksikan perang galaksi. Sebuah lubang hitam super dari galaksi yang sudah mati menembak galaksi lainnya. Galaksi mati ini menembakkan jet penghancur ke galaksi tetangganya yang berjarak 20.000 tahun cahaya. Kedua galaksi ini jauhnya sekitar 1,4 miliar tahun cahaya dari bumi. Video ‘penembakan’ galaksi ini bisa kamu tonton di www.nationalgeographic.com. Selain itu juga ditemukan sebuah objek benda angkasa yang sedang berproses menjadi planet. Dengan meneliti objek tersebut, para ilmuwan berharap bisa menguak rahasia kelahiran bumi yang kita tinggali.

4. Hewan Pintar

gudeg.wordpressHewan ternyata punya kepintaran mirip manusia. Ini dibuktikan oleh Cantlon dan Elizabeth Benton. Dua peneliti ini telah meneliti kemampuan kera mengerjakan soal matematika sederhana, ternyata tingkat keberhasilan mereka mencapai 76%.
Tetsuro Matsuzawa, peneliti dari Universitas Kyoto, bahkan mengklaim simpanse bisa lebih pintar dari manusia. Matsuzawa dan timnya menguji kemampuan tiga pasang simpanse induk dan anak melawan mahasiswa-mahasiswa universitas. Mereka menggunakan alat uji memori yang menggunakan angka. Sebelumnya simpanse-simpanse tersebut telah dilatih mengenal angka satu hingga sembilan. Mahasiswa dan simpanse diadu untuk mengingat kembali dan menunjuk letak angka-angka yang muncul secara acak dan sesaat di layar. Hasilnya, ternyata simpanse-simpanses muda yang baru berusia lima tahun dapat mengingat kembali letak angka yang muncul secara lebih baik dibandingkan induknya maupun rata-rata mahasiswa. Simpanse memberikan respon lebih cepat dan lebih akurat dalam mengingat. Hmm, apa ini artinya, para mahasiswa tersebut, nggak sepintar simpanse?

5. Mumi Dino

cmstudioAwal Desember 2007, paleontologis Inggris mengumumkan adanya sebuah mumi dinosaurus. Disebut mumi, karena ketika ditemukan, tubuh Dino ini lumayan utuh dan berkulit. Dino ini dari jenis hadrosaurus, berusia 67 juta tahun. Beratnya mencapai 3,5 ton dengan panjang 12 meter. Berdasarkan hasil penelitian, dino yang dinamai Dakota ini diperkirakan mampu berlari 45 km/jam.
Dino ini sendiri ditemukan tahun 1999 oleh paleotologis muda Tyler Lyson, di tanah milik keluarganya di Dakota Utara. Penemuan mumi ini membawa penelitian tentang dino memasuki babak baru. Para ahli mengharapkan bisa mengetahui lebih banyak soal hewan masa lalu ini.

6. Samudera Bawah Tanah

Februari 2007 lalu peneliti tanpa sengaja menemukan samudera bawah tanah. Samudera itu seluas Samudera Arktik. berada di bawah Benua Asia. Memanjang dari bawah Indonesia hingga utara Rusia. Samudera bawah tanah itu ditemukan ketika scanner gelombang seismik menyoroti bumi.
Meski luas, namun samudera ini tak dapat dilayari, sebab terkunci bebatuan setebal 700-1400 km dari permukaan daratan Asia. (apakah ini ada hubungannya dengan hollow earth??)

7. Meteor di Peru

Sebuah meteor jatuh di Peru pertengahan September 2007. Meteor itu menumbuk daerah sekitar Danau Titicaca. Tumbukan meteor itu membuat rumah-rumah penduduk dan benda-benda lain di sekitarnya melayang hingga 250 meter. Tumbukan itu menghasilkan kawah kecil selebar 13 meter dengan kedalaman 3 meter. Tumbukan itu juga membuat terlepasnya gas berbahaya dari bawah tanah dan membuat penduduk setempat menderita sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Clock

cBoX

Pengikut